Perhimpunan Masyarakat Pinggiran Sungai DIY : Selamatkan Pinggiran Sungai Untuk Kesejateraan Masyarakat

PMPS DIY (Logo PMPSPERHIMPUNAN MASYARAKAT PINGGIRAN SUNGAI, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) adalah organisasi sosial kemasyarakatan, terlahir dari masyarakat yang bertempat tinggal dipinggiran sungai di Yogyakarta yang sebagian besar tingkat kehidupan ekonominya menengah kebawah. Yang mana kondisi tersebut akan menjadi sasaran penguasa untuk di pinggirkan atau bahkan digusur dengan atas nama Penataan dan Kesejahteraan masyarakat.

Berawal disuatu kampung pinggiran sungai Code ditengah kota Jogja (kampung Juminahan) yang nyaris menjadi korban penggusuran, namun karena dengan semangat dan satu perjuangan, masyarakat Juminahan berhimpun dan bersatu dengan wilayah pinggiran sepanjang sungai Code dan sungai sungai yang lain untuk memperjuangkan haknya bahwa mereka layak untuk tinggal dan bersatu dengan alam sungai, bahwa mereka layak sejahtera yang sebenar benarnya sejahtera.

Untuk itu PMPS DIY selalu berupaya berjuang yang tentunya didukung oleh masyarakat, lembaga atau instansi yang peduli dengan masyarakat pinggiran sungai khususnya dan kaum marginal pada umumnya. Dalam perjuangannya PMPS DIY tidak ada bantuan dana dari pihak pemerintah sehingga apa yang dilaksanakan adalah murni dari masyarakat.

Dari semenjak berdirinya th 2009, banyak kegiatan yang telah dilaksanakan antara   lain :

Dibidang pembangunan telah berjuang agar dibangun atau diperbaiki talud sungai dibeberapa tempat agar masyarakat aman.

Dibidang kesehatan PMPS DIY bekerja sama dengan lembaga YPMJ (Yayasan Persaudaraan Masyarakat Jogja) melaksanakan bakti sosial “pengobatan gratis” diwilayah pinggiran sungai secara berkala dan bergiliran tempatnya. Juga memperjuangkan masyarakat yang tidak mampu membayar biaya rumah sakit sehingga dapat kesempatan untuk bisa dirawat dirumah sakit.

Di bidang pendidikan, mengupayakan dan memperjuangkan agar anak anak tetap bisa sekolah walaupun mereka tidak mampu dalam hal biaya. Juga melaksanakan kegiatan yang mendidik anak anak muda agar mencintai tanah air serta bela bangsa dan negara.

Dibidang keagamaan PMPS DIY melakukan upaya upaya untuk ikut menjaga agar masyarakat aman dan khusyuk melaksanakan “perayaan Keagamaan”.

                                                Namun seiring berjalanya waktu kini PMPS DIY tidak hanya bergerak dalam bidang – bidang diatas, tetapi telah dibentuk juga bidang SAR dan Penaggulangan Bencana yang siap bergerak sewaktu – waktu jika terjadi bencana di wilayah DIY dan sekitarnya.

                        Kini PMPS DIY tengah mengembangkan sayapnya untuk membuka Korwil ( Koordinator Wilayah) setingkat Kabupaten dan Kota untuk menambah dan memperkuat struktural PMPS DIY. Dalam pengembangan sayapnya, PMPS DIYmenerima semua golongan masyarakat yang tidak harus dari pinggiran sungai saja, tetapi PMPS DIY menerima orang – orang yang memiliki jiwa sosial tinggi, juga komitmen yang tinggi dalam menolong sesama tanpa memikirkan materi/ gaji.

 Sekian tulisan saya mengenai organisasi yang saya ikuti, semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi untuk saling menolong sesama.

                        “ Mari Selamatkan Pinggiran Sungai Untuk Kesejahteraan Masyarakat”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s