Dari Hobi Untuk Kemanusiaan – Hingga Pasukan Jingga

Diklat BASARNAS MFR

Berawal dari hobi travelling dan berpetualang melihat keindahan alam ditambah dengan beberapa hobi extreme, beberapa tahun yang lalu saya memutuskan untuk terjun dalam dunia relawan maupun SAR. Tekad yang bulat dan niat menolong yang kuat ditambah dengan dukungan dari orang – orang terdekat  membuat saya memutuskan untuk terjun dalam kegiatan- kegiatan kemanusiaan. Agak aneh sih, tetapi memang itulah kenyataannya. Suatu kegiatan yang tanpa adanya rasa kemanusiaan saya kira tak akan bisa, bahkan jika ada yang mau membayar sekalipun.  Saat itu saya berfikir bahwa saya memiliki hobi yang boros dalam biaya dan hanya dapat membuat senang saya sendiri, ditambah lagi dengan hobi saya yang dekat dengan dunia SAR, seperti mendaki gunung,bermain di ketinggian, motorross, dll. Dari situ saya berfikir bahwa bagaimana caranya saya dapat menyalurkan hobi saya tetapi juga dapat bermanfaat bagi orang lain. Diawali dengan operasi di gunung merapi membuat semangat menolong ini selalu membara, hingga beberapa operasi sampai saat ini.

Berangkat dari komunitas pinggiran sungai bernama PMPS DIY(Perhimpunan Masyarakat Pinggiran Sungai DIY). Dari anggota biasa hingga saya diberi amanah untuk menjadi pengurus Bid. SAR dan PB, hingga dikirim untuk mengikuti diklat guna menambah ilmu dan ketrampilan anggota. Di PMPS DIY saya tidak hanya mengurusi orang hilang, tanah longsor, pohon tumbang, dll. Namun saya dan anggota lainya juga bergerak dalam bidang kesehatan, sosial masyarakat,pendidikan,agama, dll. Hal itu membuat saya tidak hanya berkutat dengen dunia SAR saja, tetapi dapat lebih banyak lagi.

Tidak berhenti di situ saja, saya juga mendapatkan dukungan dari ketua umum PMPS DIY dan teman – teman lainya, untuk bergabung bersama di Forum Relawan Jogja (FOR) yang dibentuk oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Yogyakarta, walaupun tidak begitu lama. Di FOR Jogja saya dan teman saya mewakili PMPS DIY diberi amanah sebagai Humas, sekaligus menjadi TRC PB (Team Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) yang diisi oleh teman – teman lintas organisasi/ komunitas. Di TRC kami bertugas untuk melakukan assasment ketika terjadi sebuah bencana, kami terbagi atas beberapa regu yang setiap harinya melakukan piket yang terbagi dalam tiga shift. Beberapa bulan berlalu, dan saya harus kembali lagi ke PMPS DIY karena lain dan suatu hal,sehingga kepengurusan FOR dan TRC dipegang oleh teman saya sesama relawan.

Beberapa waktu setelah berhentinya saya dari TRC, saya langsung menerima surat untuk melaksanakan diklat di BASARNAS kantor Yogyakarta, dalam surat tersebut kami (PMPS DIY) mendapatkan kuota  2 orang untuk mengikuti diklat yang dilaksanakan selama 4 hari 3 malam. Pada saat itu saya yang diberi kuasa atas surat tersebut bertanggungjawab untuk mencari anggota yang siap untuk mengikuti diklat tersebut. H -2 dari pelaksanaan diklat belum ada juga yang mau mengkuti diklat tersebut, hingga pada akhirnya saya mendapatkan amanah untuk mengikuti diklat tersebut bersama komandan saya slama 4 hari 3 malam tanpa pulang dengan cluster yang berbeda. Setelah selesai diklat, saya dan komandan saya resmi diakui negara sebagai anggota potensi SAR Kantor BASARNAS Yogyakarta. Dan hal tersebut membuat kami bangga atas seragam orange yang menjadi identitas kami jika berasda di lapangan nanti. Namun begitu saya pribadi tidak lupa dengan rumah asal saya, yaitu PMPS DIY. Karena tanpa PMPS DIY dan dukungan oleh para komandan, khususnya Bpk. Adjad Soeharsono dan Kasmiran, senior – senior yang ada di sekretariatan mungkin saya tidak bisa sampai di orange team/ pasukan jingga saat ini.

Itulah sedikit cerita mengenai perubahan hobi saya, mungkin tidak bisa saya ceritakan semuanya karena kronologi yang sebenarnya puaaaaaaaaaaanjang sekali. Sekian J 1

R.Maharesi

Tinggalkan Balasan

